Niscaya Cuma Engkau Yang Uda Tak Jarang Ke Bali Aja, Yg Pernah Nyobain 20 Loka Masakan Wajib Ini!

Wajib Coba ketika Liburan ke Bali

Cieee.. Yang mau ke Bali! Lagi browsing-browsing tempat makan yg harus dicoba yah?

Tenang Sob, bali777 mimin tau waktu kamu liburan di Bali sangat terbatas. Dan kamu pula harus cafe hopping ke cafe-cafe yang instagrammable.

Jadi pada artikel ini mimin bakal rangkumin cuman 20 Tempat Kuliner Makanan Khas Bali yang harus banget engkaucoba.. Khusus-nya engkauyg baru pertama kali ke Bali.

Tips aja nih menurut mimin, hampir 80% berdasarkan loka masakan kuliner spesialBali pada bawah ini cuman buka 1/2 hari loh! Jadi pastikan engkaualokasikan perut buat sarapan & makan siang pada loka-loka berikut adalah.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku Menu Favorit: Nasi Campur Ayam

Oke, sebelum engkaushock baca Judul video Youtube kita diatas, mimin mo jelasin jikalau video di atas kita ngereview tiga tempat makan halal pada Ubud dengan 3 harga yg tidak sinkron: Murah, Sedeng & Mahal!

Dan Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku sebagai pilihan kita buat kuliner yg murah di Ubud. Tonton sampai habis yah Sob!

Warung menggunakan sajian Nasi Campur Ayam ini udah hits dari tahun 1963 loh. Kakek-nya mimin dulu cerita si Ibu Mangku ini jualan dipinggir jalan doang ((& pindah-pindah)) akan tetapi tetep rame.

Sampai akhirnya beliau bikin tempat makan yg proper misalnya sekarang ini, yaitu pada rumah mereka sendiri. Gak heran jikalau tempatnya berasa homey banget!

Konsepnya cukup unik menggunakan terdapat bale-bale dimana kamu mampu menikmati menu kuliner sambil duduk lesehan. Nyaman banget.

Ngeliat gambar-nya aja bikin ngiler kan Sob? Isian-nya banyak yah! Nih mimin list satu per satu yah. Untuk sajian lengkapnya engkaubakal dapet: Nasi putih ((jelas)), Ayam (dengan pilihan bumbu garang asem atau betutu), ayam suwir, sate lilit ayam, pepes ayam urap, ongseng ati ampela, kacang goreng, sayur buncis potong & telur. 

Dan harganya, cuman Rp 25.000 Sob! Murah Meriahh~ 

Kekurangan berdasarkan Nasi Kedewatan Ibu Mangku cuman satu sih menurut mimin. Tempat Parkir ya owoh susah benerrr!

Btw sekarang mereka buka beberapa cabang juga loh. Ternyata terdapat jua di Petitenget, Seminyak dan Renon, Denpasar. Silahkan pilih yg paling deket sama loka liburan-mu

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku Jl. Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Ubud – Bali(0361) 974795Menu Favorit: Ikan Goreng & Sop Kepala Ikan

Nah, siapa yg gak kenal dengan Warung Mak Beng di Bali. Kalau engkauminta supir atau ojol buat ke Mak Beng, mereka niscaya siap nganterin.

Warung Mak Beng ini sudah mulai jualan menurut tahun 1941 loh! Wow!

Menu-nya cuman satu, Sob! Jadi uda gak ada cerita engkaududuk dan milih hidangan lagi. Tinggal bilang sama mbak-nya kamu minta berapa porsi. Dalam hitungan 10 menit, kuliner siap disajikan. Gile, ngalah-ngalahin fast food yah!

Uniknya nih, setiap paket yg kamu pesan bakal terdiri menurut sajian andalan mereka yaitu Sup Kepala Ikan dengan bumbu Kuning khas Bali, Ikan Goreng, Nasi dan tentu Sambel special Mak Beng!

Yang mimin paling senang dari hidangan ini tuh Ikan-nya berasa seger dan empuk banget, karena ternyata nih setiap Ikan Jangki yg tersaji itu fresh hasil tangkapan nelayan Sanur pada hari itu Sob! 

Selain itu, ikan-nya pula gak bau amis. Mungkin lantaran telah diolah juga dengan menggunakan beberapa rempah-rempah misalnya jeruk nipis dan daun salam.

Walaupun buka menurut jam 8 pagi sampai 10 malam, engkaukalo kesini wajibsiap antri yah. Jarang banget mimin dapet loka duduk tanpa harus ngantri. Kalo isu terkini liburan, kudu ngantri sampe 30 mnt loh!

Harga untuk satu porsi pada Warung Mak Beng ini hanya Rp. 55.000 kog. Cukup worth it kan?Jalan Hang Tuah No.45, Sanur – Bali(0361) 282633Menu Favorit: Nasi Campur Ayam

Kamu perlu tau nih Sob, si Ibu Mangku punya versus yang cukup sejajar pada Bali namanya Bu Oki. ((Tapi mereka bukan musuhan yahhh))

Maksudnya mereka berdua menjual sajian yg bisa dibilang 90% seperti. Nasi Ayam Bu Oki ini jua hanya memiliki satu jenis hidangan menggunakan isian serupa dengan Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku.

Yang dari pengecap mimin tidak sinkron antara 2 warung nasi campur ayam ini adalah kekuatan penggunaan rempah-rempahnya sih. Kalo mimin ngerasa Nasi Ayam Bu Oki ini bumbu betutu dan pedes-nya lebih nampol. Apa Sobat Elbeh jua merasa begitu?

Untuk lokasi jua mereka terdapat pada 3 tempat: Nusa Dua, Jimbaran dan Tuban. Silahkan milih sinkron tempat terdekat-mu yah Sob.

Harga-nya jua sama kog, cukup Rp 25.000 per porsi. Tetapi nih kalo kamu minta bungkus, engkaumampu rikues yang harga Rp 10.000 ataupun Rp. 15.000 dapetnya tidak mengecewakan banyak ((hampir seperti-seperti sama yg Rp. 25.000))Jl. Celagi Basur No.3Y, Jimbaran – Bali0813-5321-3247

Warung Nasi Ayam Men Weti Menu Favorit: Nasi Campur Ayam

Salah satu makanan spesialBali paling legendaris di Bali, ya Men Weti ini Sob. Sudah mulai jualan menurut jaman kakek-nya mimin sukanongkrong di pinggir pantai Segara Ayu, Sanur.

Dari dulu sampai sekarang (saat bunda Weti yang jualan pertama telah almarhum), rasa makanannya tetep konsisten lezatsih.

Gak heran kalo tiap pagi, terlihat antrian panjang berwarna hijau ((alias saudara tertua-saudara tertua ojol yang ngantri orderan pelanggan)). 

Suasana disini seru, akan tetapi tegang Sob. Maklum Ibu-bunda yang kerja disini populer judes. Hahahahaha… jangan sekali-kali rewel minta gak pake ini gak pake itu, sanggup-sanggup disambit tulang ayam. Terima aja dikasi apa aja Sob. Semua enak kog.

Tiap porsi kamu bakal dapet Nasi dengan lauk yang sangat beragam, mulai menurut Ayam suwir Betutu, telur pindang, emping, sayur urap, benyuh dannnn favorit mimin kulit ayam super crispy!

Perpaduan aneka macam kuliner dengan rasa yang bhineka ini sangat serasi ((eaaa)) pada lidah. Dijamin engkaugak pernah nyobain kuliner spesialini di luar Bali.

Cukup Rp. 20.000 engkausudah dapet satu porsi & kalau mau lebih puas, kamu order deh sate lilit-nya juga. Ingetttt pake senyuman termanis izin gak disambit!

Warung Nasi Ayam Men Weti Jl. Letda Reta No.52, Sanur – Bali0853-3850-9922Menu Favorit: Nasi Ayam Betutu

Mau makan kenyang, enak tapi MURAH MERIAH? Ini jawaban-nya Sob!

Nasi Ayam Betutu Warung Liku ini juara banget! Salah satu solusi akhir bulan mimin kalo belom gajian. Hehehehe #NaikanGajiMiminElbeh!

Lokasinya relatif strategis Sob, yaitu pada jalan Nakula yang deket banget dari Sunset Road ((niscaya tau kan?)).

Dengan harga cuman Rp. 15.000 aja engkausudah dapet sepiring nasi Ayam Betutu dengan siraman kuah bumbu genep yang pekat banget. 

Hati-hati buat yg gak bertenaga pedes yah! Siap-siap bercucuran keringat. Jangan sampe kamu bayar lebih mahal buat minum daripada makan-nya. Hehehehe…

Btw, sempet ngobrol sama embak yang jualan, ternyata disini banyak banget yg sukakemasan Ayam Betutu yang utuh buat dibawa menjadi sang oleh khas Bali saat pulang ke kota asal masing-masing loh. Gak begitu mahal sih, satu ayam cuman Rp. 65.000 per ekor.

Nah, karena harganya yang relatif murah ini, gak heran engkaukalo dateng diatas jam 12, bakal sering kehabisan Sob! Mangkanya kalo mau dateng, pagian dikit yah!Jalan Nakula No.19A, Seminyak – Bali0851-0084-2009

Ayam Betutu Khas Gilimanuk Menu Favorit: Nasi Ayam Betutu & Bebek Betutu

Mumpung masih membahas Ayam Betutu, jika engkaugak kebagian seporsi pada Warung Liku, mampu nyobain pada Ayam Betutu Khas Gilimanuk yang telah banyak cabang-nya ((gak bakal kehabisan nih)).

Isi-an yg tersaji hampir sama dengan Warung Liku, yaitu Nasi, Ayam Betutu, plecing kangkung, kacang tanah dan sambal matah spesialBali.

Ada satu disparitas dibanding Warung Liku, yaitu cara jualan-nya. Disini engkaubisa memesan ¼ ekor (Rp. 33.000), ½ ekor (Rp. 53.000) atau pribadi satu ekor ayam betutu (Rp. 97.000) buat disantap di tempat.

Biasa-nya sih mimin seneng ngajakin jikalau lagi rombongan buat makan disini. Jatuhan-nya mampu lebih murah Sob!

Oh ya, disini pula tersedia Bebek Betutu sih, tapi kalo mimin tetep idola-in ayamnya ajah. Hehehehe…

Ayam Betutu Khas Gilimanuk Jl. Raya Tuban No.2X, Tuban – Bali(0361) 757535Menu Favorit: Nasi Campur Pedas

Buat yg sering ke Bali jaman taon 2010-an niscaya gak asing sama makanan spesialBali ini deh? Iya lah, wong saat itu warung yang satu ini jadi incaran setiap turis domestik yg liburan di Bali.

Updated: May 25, 2022 — 8:00 am

Leave a Reply

Your email address will not be published.